Minggu, 11 November 2012

hari yang dinanti

Rektor IPB, Pak Herry
hari yang ditunggu oleh seluruh mahasiswa, termasuk olehku. sudah lama aku menantikan hari ini. akhirnya tugasku sebagai mahasiswa s1 berakhir. selama lebih dari 4 tahun aku belajar di fakultas kehutanan IPB. banyak hal yang aku pelajari. bukan hanya tentang kehutanan tapi juga tentang kehidupan ini. bagaimana aku harus bersabar, ikhlas, tetap bersemangat, mengembalikan kepercayaan diri, dan masing banyak hal lainnya. masa-masa sulit telah aku lewati. syukurku pada Sang Kuasa yang telah memberiku kekuatan hingga aku sampai pada garis finish.

inilah hari dimana aku dilantik sebagai sarjana kehutanan. gelar yang ku terima ini adalah tugas beban yang harus ku pertanggung jawabkan pada sekitar. apa yang telah ku dapatkan haruslah ku jalankan dengan sebaik-baiknya karena gelar ini adalah amanah. rasa senang membuncah. predikat sebagai mahasiswa terbaik di jurusanku juga ku terima saat itu. yah meskipun aku termasuk mahasiswa yang agak lama lulusnya karena teman-teman banyak yang sudah lulus lebih dulu.

perbedaan waktu kelulusan bukan karena pintar atau bodohnya seorang mahasiswa. yah ini pernyataan untuk menyemangatiku. karena bagiku, setiap mahasiswa itu spesial. mereka memiliki judul penelitian masing-masing yang berbeda satu sama lain. berbeda dosen dan metode penelitiannya, serta berbeda dalam hal tingkat kerumitan dari masing-masing skripsi. aku percaya Tuhan selalu punya cara sendiri untuk memberi pelajaran kepada umatnya termasuk kepadaku melalui perjalanan panjang skripsiku.

dari yang mulai mondar mandir dosen 1, dosen 2. sulitnya menyatukan dua kepala yang berbeda antara dosen 1 dan 2 menjadi hal yang membuatku harus bersabar dan memahami apa yang diinginkan kedua dosenku itu. lalu mondar mandir cari peta, data, dan literatur mulai dari bakosurtanal, dinas kehutanan wonosobo, lalu pindah ke tasikmalaya. wah sungguh menguras tenaga, waktu, dan uang. syukur alhamdulillah ada kemudahan dari dosenku yang baik hati. mereka memberiku kontak untuk dihubungi agar aku bisa mendapatkan data-data yang aku perlukan. sampai penelitian yang begitu melelahkan tapi menyenangkan juga menjengkelkan bahkan mengharukan.

selalu ada kemudahan dibalik kesulitan. ada hikmah dibalik setiap perjalanan panjang menuju sarjana. yah, semua perjalanan panjang ini membuatku makin memahami akan kehidupan ini. bagaimana harus tetap bersemangat sampai garis finish, hari yang paling dinantikan. penyematan medali kemenangan. wisuda september 2011. 

Tidak ada komentar: