Sabtu, 02 Maret 2013

Seminar Hasil Penelitian

Yayat, Lisa, Saya, Ka Memes, Andre
Hari yang dinanti pun tiba. Seminar hasil penelitian yang sudah lama saya nantikan. Hari itu sebagai hadiah Ulang tahunku juga. Syukur tak terhingga kepada Tuhan Allah SWT. Meskipun agak telat dan tertinggal dengan teman-teman lainnya tapi tak menyurutkan semangat saya untuk menyelesaikan tugas akhir saya. Berliku jalan telah saya lalui mulai dari survei penelitian ke Wonosobo eh ternyata gak jadi penelitian, lalu survei ke Tasikmalaya eh alhamdulillah jadilah tempat ini sebagai lokasi penelitian saya. Bukan hanya itu selama berminggu-minggu penelitian di Tasikmalaya pun memberikan kisah cerita suka duka yang tak mungkin terlupakan.

Menelusuri hutan rakyat milik warga Desa Cikalong. Seluruh lahan saya kelilingi menggunakan GPS. Tak lupa menghitung luasnya (secara konvensional), mencatat koordinat pohonnya, menghitung diameter dan tinggi pohon (Tinggi Total dan Tinggi Bebas Cabang). Lalu memperhatikan apakah ada pohon yang terkena hama dan penyakit, serta mendokumentasikannya. Penelitian dilakukan secara sampling untuk pengambilan petani pemilik hutan rakyat, sedangkan sensus dilakukan pada lahan pemilik. Petani contoh diambil masing-masing 10 petani dari setiap dusun. Ada 7 dusun di dalam Desa Cikalong sehingga petani contoh yang terpilih berjumlah 70 petani. Jumlah keseluruhan jenis dan jumlah pohon dan tumbuhan di dalam lahan dilakukan secara sensus.

Penelitian ini cukup melelahkan karena setiap hari harus ke lahan petani untuk mengukur dan mengambil data-data yang diperlukan termasuk wawancara petani pemilik lahan. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi sejarah lahan dan motivasi petani menanam jenis pohon yang ada di lahan mereka. Suka duka saya rasakan bersama teman yang menemani saya saat itu, Teguh Pradityo. Jatuh, terperosok, luka pun dirasakan oleh kami. Tapi rasa senang ketika pekerjaan selesai dan dihapus dengan segarnya air kelapa yang diambil langsung dari pohonnya.

Perjuangan tak berhenti sampai pengambilan data, tapi masih berlanjut tahap pengolahan peta dan perhitungan data yang luar biasa banyaknya. Data pohon yang berhasil diambil lebih dari 1000 pohon. Kesabaran harus ekstra saya keluarkan untuk menyelesaikan tahap ini. Pencarian referensi pun cukup memakan waktu, tenaga, dan kesabaran demi menambah kekayaan bahasa dalam penulisan tugas akhir saya. Data dan sumber harus benar-benar akurat, karena tugas akhir ini bukanlah main-main. Segala sesuatu yang saya lakukan harus berdasarkan fakta dan sumber yang akurat serta harus benar-benar original. Kesemua tahapan ini saya lakukan melalui konsultasi kepada kedua dosen pembimbing saya yang dengan sabar membimbing dan memberikan masukan demi penyelesaian tugas akhir ini.

Saya ucapkan terima kasih tak terhingga kepada Ibu Dr. Ir. Emi Karminarsih, MSi dan Dra. Sri Rahaju yang telah membimbing saya sehingga penelitian saya dapat selesai dan di presentasikan pada Seminar Hasil Penelitian pada hari itu. Teman-teman sekelas maupun bukan sekelas bahkan sejurusan serta adik-adik kelas turut hadir dalam Seminar Hasil Penelitian saya. Benar-benar haru membuncah ditambah ketika itu saya agak bingung untuk mengutarakan jawaban saya eh dosen pembimbing saya membantu dan membela saya. Oh Tuhan, sungguh saya tak mengira adegan ini. Terima kasih atas segala kelancaran pertolongan yang Engkau berikan. 

Tidak ada komentar: